Senilai Rp 100 Ribu, Bayar Rp 50 Ribu Paket Bahan Pokok dijual di Ponpes Al Hikmah

BANDAR LAMPUNG – Dikutip dari Tribunlampung dan Kemendag – Penyelenggaraan Pasar Murah yang digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikmah merupakan hasil kerja sama dengan PT Astra International yang menyalurkan dana tanggungjawab sosial (CSR) kepada masyarakat dalam bentuk bahan pokok dengan harga terjangkau.

“Ya pada pasar murah hari ini, disiapkan 500 paket bapok senilai Rp 100 ribu yang dijual dengan harga Rp 50 ribu. Paket tersebut terdiri atas beras 5kg, gula pasir 2kg, minyak goreng 2 liter, dan sirup 1 botol,” jelas Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Pengamanan Pasar Sutriono Edi, Senin (4/6).

Nantinya hasil penjualan paket akan disumbangkan kembali ke pondok pesantren guna membantu pembangunan pesantren yang sedang dilaksanakan.

“Soalnya infonya tahun ini ada sebanyak 300 yang mendaftar hanya diterima 200 siswa. Kan kasihan yang sisanya, makanya saat ini lagi dikerjakan pembangunannya. Semoga dapat terbantu dengan adanya tambahan dana bantuan tersebut,” tuturnya.

Menurutnya, hal tersebut menunjukan bahwa pihak swasta seperti PT Astra International peduli dengan lingkungan masyarakat sekitar.

Oleh karenanya, bersama PT Astra bersinergi bahwa pemerintah dan pelaku usaha bisa saling guyub dan memperdulikan antara satu dengan yang lain. “Kita harapkan tiga komponen yaitu pemerintah, swasta dan masyarakat/pesantren dapat guyub nantinya,” ungkapnya.

Sementara, Pengasuh Ponpes Al Hikmah, Basaruddin Maisyir, mengucapkan rasa terimakasih atas kepercayaannya dan dengan adanya pasar murah masyarakat sangat terbantu.

“Ini tentunya sangat membantu kita, apalagi dalam menyambut hari raya sebab ketika mendekati hari raya lebaran rata-rata harga melonjak naik,” ucapnya.

Kegiatan ini merupakan berkah ramadan karena pada tahun ini Ponpes Al Hikmah sedang membangun asrama tiga lantai untuk penghafal Al Quran.

“Makanya hasil dari penjualan sembako itu sebagian infakan ke pesantren. Jadi mohon dukungan seluruhnya dan semoga pada syawal akhir sudah bisa dimanfaatkan santri,” tutupnya. (eka)

Galeri Foto Sumber Kemendag

 
 
Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan PT Astra Internasional menggelar Pasar Murah Ramadan di Bandar Lampung, Minggu (3/6). Pasar murah hari ini berlangsung di sejumlah pesantren, yaitu Pondok Pesantren Al Barokah Kecamatan Tanjung Karang Barat; dan Forum Majelis Silaturohim di Bandar Lampung. Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Pengamanan Pasar, Sutriono Edi memberikan paket barang kebutuhan pokok secara simbolis kepada warga di Majelis Silaturohim di Kelurahan Sukajawa Baru; Kecamatan Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung.
 
 
 
Pada kesempatan ini, Sutriono Edi mengatakan bahwa Pasar Murah Ramadan ini merupakan bukti pemerintah hadir bersama dengan swasta dan bergandeng tangan dengan simpul masyarakat, yakni pesantren. “Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh pelaku usaha swasta karena sudah rela memberikan sebagian rezekinya untuk berbagi dengan rakyat,” imbuhnya.
 
 
 
Pasar Murah Ramadan 2018 diselenggarakan di sembilan titik di Lampung dan akan menjual 4.500 paket bapok murah. Pada pasar murah kali ini, masing-masing lokasi disediakan 500 paket barang kebutuhan pokok (bapok) senilai Rp100.000 yang dijual dengan harga Rp50.000. Paket tersebut terdiri atas beras 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 liter, dan sirup 1 botol.
 
 
Nantinya, hasil penjualan paket akan disumbangkan kembali ke pesantren. “Dengan demikian, selain menyediakan bapok dengan harga terjangkau, pasar murah ini juga memberikan kontribusi untuk pemberdayaan pesantren,” jelas Edi.
 

admin Penulis