Jelang Bulan Puasa, Kemendag warning ritel di Sulut

Manado – Dikutip dari Manado POS (03/06). Seluruh pengusahan ritel diwanti-wanti oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI. Agar saat menyambut puasa, tidak ada ritel yang mempermainkan harga, khususnya bahan pokok (bapok). “Kami memastikan bahan pokok tersedia, stabil, dan terjangkau. Juga memastikan semua bahan pokok tersebut dijual sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi.” papar Staf Ahli Keamanan Pasar Kemendag RI Sutriono Edi saat berkunjung ke Manado dan langsung memantau sejumlah ritel modern kemarin.

Namun, pantauan di sejumlah ritel menunjukkan hasil yang bagus. “Semua ritel menyediakan bahan pokok dengan jumlah yang cukup dan harga terjangkau. Bahkan beberapa dijual dibawah HET” sebut Edi.

Dia menegaskan, jangan sampai ditemui ada yang melanggar (menjual lebih HET). “Karena jika melanggar akan dikenakan sanksi” tegasnya.

Semetara, Kepala Dinas Perdagangan (Disperindag) Sulut Jenny Karouw mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi terhadap semua ritel modern dan pedangan pasar tradisional untuk menjual sesuai HET. “Semua ritel dan supermarket wajib menjual sesuai HET. Jika kedapatan ada yang melebihi akan kami berikan sanksi tegas” ucap Karouw. Yang pasti, lanjutnya pihaknya akan terus mengawasi semua ketersediaan bahan pokok. “Agar semua kebutuhan bisa terpenuhi dan masyarakat tidak akan kesulitan” janji Karouw.

Selain bahan makanan, Kepala Perum Bulog Dirve Sulut Gorontalo Eka Pranoto memastikan, stok beras menjelang bulan puasa aman. ” Stok beras aman kondisinya pun sangat bagus masyarakat tidak perlu khawatir” singkat Pranoto

Sumber : Manado Post (4/05)

Foto : Antara

admin Penulis