Rakor Stabilisasi Harga dan Stok Bapok Menjelang HBKN

Dikutip dari Kemendag.go.id – Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menggelar Rapat Koordinasi Kesiapan Harga dan Stok Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Puasa dan Lebaran 2018/1439 H di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (28/3). Pertemuan ini merupakan finalisasi dari rangkaian pertemuan sebelumnya yang mengundang para pemangku kepentingan dalam rangka menjaga harga dan stok bapok di setiap daerah menjelang hari besar keagamaan nasional (HBKN).

 
Mendag mengatakan bahwa Kemendag dengan dukungan Satgas Pangan bersama dinas di daerah akan melakukan pengecekan berkala di pasar dan gudang, terutama pada komoditas-komoditas utama.
 
Mendag menekankan bahwa seluruh pedagang beras di pasar tradisional wajib menjual beras medium sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) di wilayahnya masing-masing. Aturan HET juga berlaku untuk komoditas minyak goreng sebesar Rp11.000/liter dan daging beku sebesar Rp80.000/kg. Selain itu, untuk minyak goreng akan diluncurkan minyak goreng dalam kemasan setengah liter.
 
Turut hadir pada kesempatan ini Inspektur Jenderal Kemendag, Srie Agustina; Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Tjahya Widayanti; Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan, Kasan; perwakilan KPPU; Perpadi; APGI; PIBC; APRINDO; dan ADDI.
 

admin Penulis