Sutriono Edi : Pemerintah Komitmen Majukan UKM Melalui E-Commerce

Sutriono Edi – Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, masyarakat kini semakin mudah dalam memenuhi segala kebutuhannya dan lazim melakukan transaksi jual beli (perdagangan) melalui sistem elektronik (e-commerce). Mulai dari makanan, pakaian bahkan hingga urusan pembayaran. Semua transaksi tersebut kini bisa dilakukan secara online dan bisa dilakukan melalui internet ataupun telpon pintar (smartphone).

Terkait e-commerce, ada brand e-commerce besar Indonesia yang sedang trend, seperti: Bukalapak, Tokopedia, Gojek dan lainya. Brand tersebut kini meraup keuntungan yang besar sebab berkembangannya e-commerce. Disisi lain, agar tidak kalah bersaing, sekarang para Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia tengah mendapat perhatian dari Kementrian Perdagangan Indonesia agar turut merasakan keuntungan dari berkembangnya e-commerce.

Bertempat di Kota Balikpapan, 50 undangan para UKM menghadiri acara Diseminasi Informasi di Bidang Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (TPSME/(E-Commerce), Selasa (03/10). Acara tesebut terselenggara atas kerjasama  Direktorat Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Ditjen Perdagangan Dalam Negeri bekerjasama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Balikpapan. Acara ini dihadiri Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Pengamanan Pasar Sutriono Edi. Beliau juga membuka acara tersebut.  

Melihat perkembangan e-commerce yang terus meningkat dan sudah mempengaruhi ekonomi nasional, maka sebagai bentuk komitmen pemerintah kepada UKM, pemerintah memberikan program pendampingan yang tersedia di banyak kementerian/lembaga. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Sutriono Edi dalam sambutannya.

“hampir setiap Kementerian/Lembaga kini memiliki program-program untuk mengembangkan UKM, salah satunya melalui program pendampingan dan pelatihan bagi pelaku UKM supaya dapat melakukan perdagangan online yang aman, mudah, nyaman dan pada akhirnya dapat turut merasakan keuntungan dari gelombang perkembangan e-commerce yang sedang cepat melanda ekonomi nasional.” Tutur Sutriono Edi.

Lebih lanjut, Hasil kolaborasi berbagai kementerian, pemerintah telah merilis Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (Roadmap E-commerce) Tahun 2017-2019 yang disusun oleh Kementerian perdagangan.

 “Pemerintah juga memiliki komitmen untuk memberikan kemudahan investasi yang berguna bagi kemajuan ekosistem industri digital di Indonesia dan UKM yang akan memasuki dunia digital. Komitmen tersebut dituangkan dalam Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (Roadmap E-commerce) Tahun 2017-2019  yang merupakan kolaborasi dari berbagai Kementerian, untuk mendorong berkembangnya e-commerce dan bisnis digital di Indonesia. Berdasarkan roadmap tersebut, Kementerian Perdagangan tidak hanya mendapatkan tugas untuk menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (RPP TPMSE) dan peraturan turunannya” tambah Sutriono Edi.

Acara Diseminasi Informasi di Bidang Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (TPSME/(E-Commerce) bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para UKM mengenai poin-poin pengaturan dalam RPP Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik kepada stakeholder.