Ini alasan Bupati Najmul Akhyar Sukses Kembangkan “Kampung Coklat” dan Raih Penghargaan

Bupati KLU

Lombok Utara –  Kementerian Pertanian Dirjen Perkebunan memberikan penghargaan kepada Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU) Najmul Akhyar, atas prestasi mengembangkan kampung coklat yang berada di Desa Bentek, Kecamatan Gangga. (13/9)

Seperti dilansir kicknews.today, alasannya di kampung tersebut warganya giat mengembangkan komoditas seperti kopi, kakao, tembakau, jambu mete dan, kelapa. Lebih lanjut lagi, para petani Desa Bentek ini dinilai berhasil menjadikan bahan dasar itu diburu untuk dibuat makanan yang tak kalah enak dari produk luar.

“Sektor perkebunan memegang peranan penting selain sektor pariwisata peternakan, perikanan dan kelautan. Sebab daerah kita memiliki sektor yang bisa diandalkan,” ungkap Wakil Gubernur NTB H. Muhammad Amin, Rabu (13/9) dalam sambutannya dalam acara penerimaan penghargaan itu di Hotel Lombok Raya.

Bagi Amin, barangkali berkah sumber daya alam yang melimpah di NTB sendiri tidak bisa semata dikelola secara biasa. Maka dalam kebijakan pembangunan di NTB, diarahkan dengan menggerakkan dan memfasilitasi pengembangan produksi perkebunan yang berorientasi pada pasar dengan pemberdayaan dan penguatan hilir.

Komoditi unggulan yang saat ini di budidayakan adalah kopi, kakao, tembakau, jambu mete dan, kelapa. Saya berharap semua ini akan dapat terus kita dukung dengan cara lebih meningkatkan lagi kualitas dan produktifitas komoditi perkebunan di Kabupaten masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar sendiri mengaku jika daerah yang dipimpinnya memiliki kawasan perkebunan yang sangat luas. Inipun telah turun temurun menanam berbagai macam komoditi, salah satu yang menjadi andalan petani adalah coklat.

“Disamping juga ada kopi, cengkeh dan masih banyak lagi. Namun selama ini petani hanya mampu menghasilkan panen sekedar untuk dijual setelah panen tanpa adanya inovasi,” ucap Najmul.