5 tips untuk berinvestasi secara aman

Belakangan masyarakat diberitakan pada Juli 2017 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis kabar terbaru: Satgas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi atau Satgas Waspada Investasi menghentikan kegiatan 11 entitas usaha yang bergerak dalam pengumpulan dana masyarakat dan pengelolaan dana investasi, seperti dilansir oleh bappebti.

Oleh karena itu kini bagi masyarakat yang berniat melakukan investasi hendaknya ikuti tips berikut agar terhidar dari investasi bodong, Berikut ini tips untuk berinvestasi secara aman.

Kenali profil investasi diri

Setiap orang punya tujuan investasi yang berbeda-beda, jangka waktu investasi yang tidak seragam, penerimaan terhadap risiko yang berbeda, serta mengharapkan tingkat keuntungan (return) yang berbeda juga.

Pilih jenis dan produk sesuai kebutuhan

Berdasarkan pada pengenalan pada profil investasi, maka seseorang dapat memilih jenis dan produk investasi yang cocok dengan dirinya.

Perhatikan aspek legalitasnya, pastikan sesuai dengan bidang usahanya

Setelah paham akan jenis dan produk investasi yang dibutuhkan, maka pada waktu akan membeli produk investasi harus dipastikan apakah lembaga yang menjual atau menawarkan produk tersebut telah memperoleh izin usaha yang sesuai dengan bidang usahanya.

Pahami siapa regulatornya

Pahami siapa regulator yang mengawasi perusahaan yang menjual dan menawarkan produk investasi dimaksud. Hal ini diperlukan untuk berjaga-jaga jika sesuatu terjadi di masa mendatang.

Baca dengan seksama ketentuan yang berkaitan dengan produk.

Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa konsumen memahami secara lengkap hak dan kewajibannya, manfaat, biaya, dan risiko yang berkaitan dengan produk. Jika masih ragu atau bingung tentang suatu tawaran investasi, masyarakat dapat menanyakannya ke masing-masing kontak regulator terkait : Otoritas Jasa Keuangan Kementerian Perdagangan (Bappebti) Badan Koordinasi Penanaman Modal Kementerian Koperasi dan UKM Kementerian Komunikasi dan Informasi

admin Penulis