SRG Mobile, aplikasi resmi untuk Sistem Resi Gudang (SRG)

Tampilan SRG Mobile

Google Play Store – Sistem Resi Gudang (SRG) merupakan instrumen perdagangan maupun keuangan yang memungkinkan komoditas yang disimpan dalam gudang memperoleh pembiayaan dari lembaga keuangan tanpa diperlukan agunan lainnya. Pelaksanaan SRG mengacu pada Undang-Undang No. 9 Tahun 2006 tentang Sistem Resi Gudang, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No. 9 Tahun 2011.

Menjawab tantangan perdagangan di era digital, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan meluncurkan aplikasi Sistem Resi Gudang (SRG) Mobile yang memberikan kemudahan bagi masyarakat di sekitar lokasi Gudang SRG dalam melakukan kegiatan SRG, baik penyimpanan barang, pengajuan pembiayaan ke lembaga keuangan maupun pemasaran komoditas. Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan layanan SRG agar pemilik Resi Gudang, maupun Pengelola Gudang dapat lebih optimal memperoleh manfaat SRG. (Lihat Video Sistem Resi Gudang)

Bappebti membangun aplikasi SRG MobileĀ  ini (Unduh SRG mobile di Play Store ) yang memungkinkan pemilik barang dapat melakukan pemberitahuan penyimpanan komoditas di Gudang SRG, hingga pemasaran komodita hanya melalui handphone berbasis android.

SGR Mobile

srg mobile
srg mobile

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur Simulasi Biaya SRG untuk memberikan perkiraan total biaya yang dibutuhkan selama memanfaatkan SRG. Fitur Rencana Penyimpanan akan memudahkan calon penyimpan menghubungi Pengelola Gudang SRG terdekat untuk datang dan membawa barang yang akan disimpan ke gudang SRG. (Baca : Manfaat Sistem Resi Gudang)

Koneksivitas Sistem Informasi Harga Komoditas yang juga dibangun dan dikembangkan Bappebti dapat membantu Pemilik Barang mengambil keputusan kapan waktu yang tepat menyimpan atau menjual komoditasnya. Untuk memudahkan rencana pemasaran komoditas yang disimpan di gudang, aplikasi ini juga terhubung dengan Sistem Pasar Lelang Komoditas.

Manfaatkan Sistem Resi Gudang untuk membantu pemeliharaan komoditas anda, dan meningkatkan permodalan yang anda miliki. Untuk informasi lebih jauh mengenai Sistem Resi Gudang, maupun aplikasi SRG Mobile dapat menghubungi BAPPEBTI Kementerian Perdagangan ( Tel. (021) 31924744, Fax. (021) 31923204, Email: bappebti@bappebti.go.id)

Pengguna ponsel berbasis Android cukup mengunduh melalui play store ( lamanĀ  https://play.google.com/store/apps/details?id=com.srgmobile.bappebti.go.id&hl=en ), selanjutnya pasang di ponsel Anda.

Berdasarkan ulasan, para pengguna memberi apresiasi kepada BAPPEBTI dengan hadirnya SGR Mobile, diantaranya “Novia Agustiar Rahmat – Aplikasi yang inovatif!! Semoga dapat membantu para petani dan pengelola gudang.”, “Betha Aris Susanto – Warbyasak Ini aplikasi memang sangat membantu. Good job Bappebti! Warbyasak!”. Begitu juga dengan “Tomi Setiawan – SRG memberdayakan Bangsa Semoga SRG benar2 optimal dimanfaatkan petani. Sempurnakan terus SRG dan aplikasi SRG Mobilenya”.

SRG Mobile, diharapkan dapat memudahkan interaksi antara Pemilik Resi Gudang, Pengelola Gudang dan Lembaga Pembiayaan yang seringkali terkendala oleh waktu dan tempat.

SRG : Mudah, Murah, Manfaat