Sutriono Edi, Kiat Komoditi

bappebti

kompasiana.com – Mendorong trade menjadi pasar yang marak di Indonesia inilah kiat dari Sutriono Edi staf ahli menteri perdagangan, mantan Kepala Bappebti.

Melihat pasar serta mendoong di bursa apakah komoditi yang akan dijual laku dan dilirik pasar.”Saya pernah ke Inggris tidak semua kontrak laku semua, antara satu banding sepuluh kalau disana. Diluncurkan sepuluh kira-kira satu yang laku, oleh karena tadi features tidak semua orang tahu, bisa jadi investor atau packaging atau pula spekulator,”kata Sutriono Edi.

Peran dan tanggung jawab Bappebti bukan saja memastikan perdagangan sesuai ketentuan berlaku tetapi juga menumbuhkan daya saing, dan melindungi investor di pasar futures hingga petani di pasar fisik komoditas.”Kalau produksinya di Indonesia atau sumber alam Indonesia yang djiual harusnya lebih liquid pemainnya disini dan butuh nilai. Jadi kita dorong kontraknya,”ucap Sutriono Edi.

Selain itu para pelaku atau pemain dunia tidak masalah bila main di Indonesia.Semakin banyak pelakunya semakin baik dan kita minta taati peraturan yang berlaku di Indonesia,”jelas Sutriono Edi