Sutriono Edi, Ikut blusukan bersama Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan Pasar Manis di Purwokerto, Jawa Tengah pada esok hari, Rabu, 4 Mei. Peresmian ini juga akan dihadiri oleh Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong.

Berdasarkan informasi tertulis yang diterima oleh Okezone, Selasa (3/5/2016), Thomas Lembong siang tadi sempat melalukan blusukan ke Pasar Manis. Blusukan ini turut dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Perdagangan Sutriono Edi dan Direktur Bahan Pokok dan Strategis Robert James Bintaryo.

Dalam aksi blusukan kali ini, Tom sapaan akrabnya sempat memberi apresiasi kepada pedagang pasar. Pasalnya, pedagang selama ini telah menggunakan strategi musyawarah dan mufakat dalam menghadapi berbagai permasalahan di pasar.
“Banyak keputusan diambil melalui musyawarah. Ini menunjukkan budaya pedagang sangat bijaksana. Itu penting,” jelas Tom.

Tom pun juga menyampaikan ketertarikannya dengan sentuhan desain dam kaca pasar yang penuh warna. Menurut Tom, perlu sentuhan yang lebih flamboyan, serta inovasi lainnya yang lebih memberikan nilai estetika terhadap pasar.

Tom mengakui bahwa pada tahap ini pembangunan pasar ini, masih banyak pedagang yang belum tertampung. Hal ini pun berdampak pada masih adanya pedagang yang berdagang di pinggiran pasar.

Untuk itu, pada pembangunan pasar tahap kedua, ditargetkan seluruh pedagang akan dapat menikmati fasilitas pasar yang diberikan oleh pemerintah.

Untuk diketahui, revitalisasi pasar pada tahun lalu telah mencapai 1.002 pasar. Tahun ini, 880 pasar pun siap untuk direvitalisasi. Anggaran pembangunan dan revitalisasi pasar tahun ini tahun ini pun mencapai Rp1,7 triliun. Lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp1,4 triliun.

Dengan adanya revitalisasi pasar ini, maka diharapkan tata kelola pasar dapat diubah menjadi lebih profesional. Tak hanya itu, mental dan karakter para pedagang pun juga diharapkan dapat lebih baik dengan pengelolaan barang dagangan yang profesional.

admin Penulis