Sutriono Edi dilantik menjadi Staf Ahli Menteri Perdagangan

sutrionoedi, sutriono edi

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) mengadakan acara pisah sambut Kepala Bappebti, yaitu Bachrul Chairi sebagai Kepala Bappebti yang baru menggantikan Sutriono Edi yang dilantik menjadi Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Pengamanan Pasar. Acara diselenggarakan di Kantor Bappebti, Senin (14/03).

Dalam sambutannya Kepala Bappebti, Bachrul Chairi menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Bapak Sutriono Edi yang telah mendarma baktikan tenaga dan pikirannya dalam melaksanakan tugas dan kewajiban selaku pejabat di lingkungan Bappebti. Bidang Pengamanan Pasar sangat erat terkait dengan Bappebti, khususnya di bidang Sistem Resi Gudang dan Pasar Lelang ( Baca : Sistem Resi Gudang: Mudah, Murah dan Manfaat).

Sebelum dilantik menjadi Staf Ahli Mendag, Sutriono Edi telah menduduki jabatan Kepala Bappebti Kemendag sejak bulan Juni 2013. Dalam kurun waktu tersebut, Bappebti telah menunjukkan perkembangan di bidang PBK, SRG maupun PLK.

sutrionoedi, sutriono edi
Sutriono Edi menyampaikan perkembangan Perdagangan Berjangka Komoditi, Sistem Resi Gudang dan Pasar Lelang Komoditi.

Selama Sutriono Edi menjabat, ada penambahan dua Peraturan Pemerintah (PP), yakni PP Nomor 49 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perdagangan Berjangka Komoditi, dan PP No. 1 Tahun 2016 tentang Lembaga Pelaksana Penjaminan Sistem Resi Gudang ( Baca : Manfaat Sistem Resi Gudang).

Laporan Keuangan Bappebti selama tiga tahun menjabat (2013, 2014 dan 2015) berhasil meraih penilaian WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari Badan Pemeriksa Keuangan.

Sutriono Edi pun dinilai berhasil melakukan pengintegrasian sistem teknologi informasi di Bappebti, sehingga masyarakat, khususnya petani dan pelaku usaha dapat melakukan berbagai kegiatan SRG yang terintegrasi dengan PLK melalui telepon pintar (smartphone) berbasis android. (Baca : SRG Mobile, aplikasi resmi untuk Sistem Resi Gudang ).

srg mobile
srg mobile

Sementara itu, Kepala Bappebti Bachrul Chairi yang mantan Dirjen PPI memang dikenal piawai memainkan strategi lobi para petinggi dari negara-negara mitra perdagangan internasional.

Dan dengan berbekal pengalaman di bidang lainnya, Bachrul Chairi, diharapkan bisa melobi berbagai pihak untuk kemajuan industri perdagangan berjangka komoditi di tanah air.